Bukit Sarangan, Tawarkan Pesona Puncak Bukit yang Eksotis

Wisata Gunung Kidul

Bukit Sarangan merupakan salah satu bukit di Gunung Kidul yang cukup terkenal. Terletak 400 m di sebelah barat Pantai Krakal, bukit besar dan tinggi ini berada di kawasan Pantai Sarangan. Dinamakan ‘Sarangan’ karena di bukit tersebut terdapat sebuah goa menghadap ke laut yang digunakan untuk bersarang burung-burung walet.

Bukit ini memiliki pesona alam yang sangat eksotis dimana, dari bukit ini pengunjung dapat melihat keindahan deretan pantai yang berada di sekitar daerah tersebut, mulai dari Pantai Sarangan, Krakal, dan sebagainya. Keeksotisan bukit ini pernah diabadikan dalam sebuah film berjudul ‘Ruang’ yang dibintangi oleh Luna Maya. Tak heran jika kadang banyak yang menyebut bukit ini dengan sebutan ‘Bukit Luna Maya.’

Puncak tertinggi dari Bukit Sarangan ini bernama Puncak Giri, dimana di tempat tersebut pengunjung dapat melihat sunrise maupun sunset yang indah karena letak Puncak Giri menjorok ke laut. Dikelilingi oleh laut, selain cocok sebagai spot foto, dari sini pengunjung juga akan disuguhkan deretan pemandangan pantai yang memukau, termasuk seluruh Pantai Krakal dan pantai-pantai lainnya yang berdekatan, antara lain Pantai Slili, Pantai Sadranan, Pantai Ngandong, Pantai Sundak, Pantai Song Mandeng, dan Pantai Pulang Sawal.

Selain itu, di puncak bukit ini pengunjung juga dapat melihat keindahan Bukit Parang Racuk dari kejauhan yang berada di sebelah barat Pantai Baron. Tak hanya itu saja, Bukit Sarangan ini pun juga dipercantik dengan hamparan tumbuhan hijau yang berada disebelah utara dan rumah-rumah penduduk yang tentunya akan memanjakan mata pengunjung.

Memiliki studio alam yang indah, selain cocok untuk spot hunting foto, di bukit ini kamu juga dapat mendirikan tenda (camping), terutama bagi kamu yang ingin hunting foto sunrise, sunset, maupun foto gugusan bintang malam (milky way). Area tersebut cukup luas dan didesain seperti landasan helikopter, sehingga cocok untuk mendirikan tenda kecil (dome).

Akses untuk sampai di Puncak Giri tersebut pun cukup mudah. Bagi kamu yang menggunakan sepeda motor, kamu dapat langsung naik dipuncak bukit karena telah disediakan jalan cor blok. Jalan setapak tersebut sebenarnya dibuat oleh Pemda setempat untuk jogging track, akan tetapi kini jalan kecil tersebut boleh digunakan untuk akses kendaraan roda dua. Sementara itu, bagi kamu yang berkunjung menggunakan mobil, maka kamu harus memarkirkan kendaraan di tempat parkir dan kemudian berjalan kaki untuk samapi di atas.