Goa Pindul

Wisata Gunung Kidul

Ketika memasuki musim libur, Yogyakarta menjadi salah satu kota yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Dan semua kawasan wisata yang ada di Yogyakarta dipastikan ramai, salah satunya adalah Goa Pindul yang ada di Gunungkidul. Goa Pindul sudah mulai dibuka untuk umum sejak 2010 lalu namun hingga saat ini, wisata air terjun ini masih banyak yang meminati wisatawan.

Goa Pindul tersebut memiliki panjang sekisar 350 meter dengan lebar hingga 5 meter. Sedang kedalaman air yang ada didalam goa sekisar 5 hingga 12 meter. Banyaknya peminat goa tersebut sebab Goa Pindul berbeda dengan goa-goa sebelumnya yang ada di Jogja. Sehingga wajar saja jika destinasi wisata ini hingga saat ini masih banyak meminati.

Goa Pindul sendiri memiliki tiga bagian diantaranya adalah zona terang, zona remang dan zona gelap. Pertama untuk zona terang yang mana kamu bisa menikmati keindahan goa secara langsung. Bahkan kamu bisa bermain air ataupun berenang. Kedua zona remang, ketika memasuki zona ini maka kamu hanya akan mendapatkan pencahayaan yang minim. Meskipun sedikit remang namun cahaya-cahaya yang masuk ke goa menjadi sensasi keindahan tersendiri. Terakhir yakni zona gelap, untuk bisa menikmati goa tentu kamu membutuhkan bantuan pencahayaan seperti lampu senter.

Untuk bisa memasuki goa Pindul maka pengunjung harus menggunakan jaket pelampung dan pelampung ban. Hal ini dikarenakan kawasan goa Pindul dialiri oleh air (sungai) sehingga untuk menyusuri goa Pindul maka dengan pelampung ban dan waktu yang harus ditempuh kurang lebih 45 menit. Karena pengunjungnya yang semakin ramai, pemandu biasanya sudah menyiapkan pelampung ban yang dikaitkan dengan tali sehingga akan memudahkan untuk menyusuri goa.

Tenang saja, rompi atau jaket pelampung yang telah disediakan oleh pemandu masih bisa digunakan untuk kamu yang memiliki berat lebih dari 100 kg. Dan pelampung tersebut juga sudah memenuhi standar keamanan dari team SAR sehingga dipastikan keamananannya.

Untuk menuju ke goa Pindul maka kamu menuju ke Jalan Wonosari kemudian dilanjutkan ke desa Bejiharjo. Terus ikuti jalan hingga menemukan tulisan Pindul atau Pindhul. Untuk menuju lokasi juga sangat mudah untuk dilaju transportasi dengan bodi yang besar seperti bus atau mobil SUV seperti Pajero atau Fortuner.