Pantai Sundak, Pantai dengan hamparan Pasir Putih dan Karang yang Mempesona

Wisata Gunung Kidul

Pantai Sundak merupakan salah satu pantai yang populer di Gunung Kidul. Menawarkan pemandangan alam yang eksotis dengan hampaaran pasir putih yang luas, obyek wisata yang satu ini tak boleh kamu lewatkan begitu saja ketika kamu mengunjungi daerah Gunung Kidul.

Berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, pantai yang satu ini ternyata menyimpan cerita historis dibalik namanya yang unik. Konon berdasarkan cerita masyarakat sekitar,  pada tahun 1976, terdapat ‘asu’ atau anjing yang kelaparan dan mencari makan di dalam gua yang berada di sebelah timur bibir pantai.

Di dalam gua tersebut, anjing itu menemukan seekor landak dan langsung menggigit sebagian tubuh landak. Setelah itu, sang anjing keluar dari goa dengan mulut yang masih menggigit sebagian tubuh landak. Sang pemilik yang mengetahui hal tersebut akhirnya penasaran dan kemudian masuk ke dalam goa, tak disangka selain mendapati sebagian potongan tubuh landak, pemilik anjing yang bernama Arja Sangku tersebut juga menemukan sebuah mata air di dalam goa itu. Alhasil dinamailah pantai ini dengan nama pantai sundak yang merupakan akronim ‘asu’ dan ‘landak’.

Pantai Sundak ini memiliki air yang sangat jernih dengan hamparan batu karang kecil di sepanjang bibir pantai. Batu-batu karang kecil tersebut dapat kamu lihat ketika air laut sedang surut. Tak hanya batu karang saja, diantara bebatuan karang kecil tersebut kamu juga akan menemukan rumput laut berwarna hijau kecoklatan.

Meski air pantai ini berwarna jernih dan cukup dangkal, akan tetapi kamu tidak diperbolehkan berenang karena ombak di pantai ini sangat besar. Kamu hanya dapat duduk-duduk bermain air di atas batuan karang kecil tersebut sambil berselfie. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat bermain pasir dan berpose dihamparan pasir putih yang lembut di pantai ini.

Selain itu, apabila bosan bermain air dan pasir, kamu juga dapat melihat gua yang berada di sisi timur pantai. Sedangkan di sisi barat, kamu dapat naik di bataun karang besar yang pastinya juga cocok untuk berfoto dengan latar studio alam yang mempesona.

Tak perlu khawatir jika berkunnung di pantai ini, karena pantai ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, mulai dari toilet, gubuk atau gazebo, musholla, dan juga tempat parkir. Tidak ada tiket masuk di pantai ini, hanya saja kamu akan dikenakan tiket masuk ketika melewati TPR yang tiket tersebut tidak hanya berlau untuk satu pantai.